Recent post:

Animasi 3D

Kursus Privat 3dsmax

Pemodelan 3 Dimensi (3D Modeling)

Mengatur Interface Flash

Kursus Privat Web Design

Web Design

AGP (Accelerated Graphics Port)

ActiveMovie

ACPI (Advanced Configuration Power Interface)

:: ARTIKEL ::

Mengatur Interface Flash

Mengatur

Adobe Flash dirancang untuk dipergunakan oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu, Adobe Flash memiliki interface yang disusun sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Layout Interface ini dinamakan dengan Workspace.
Sewaktu kita bekerja dengan Flash, seringkali kita memindah-mindahkan panel untuk kebutuhan akses yang lebih dekat terhadap tools yang sering kita gunakan. Susunan panel yang Anda butuhkan tentu akan sangat berbeda dengan susunan panel yang dibutuhkan oleh orang lain. Lebih dari itu, Anda mungkin membutuhkan susunan panel yang berbeda pada saat menggunakan Flash untuk keperluan yang berbeda.
Cara lain untuk mengatur susunan panel secara cepat adalah dengan mengganti workspace seperti yang telah disediakan pada aplikasi. Ada beberapa jenis panel yang telah disediakan sesuai dengan jenis penggunanya, yakni: ANIMATOR, CLASSIC, DEBUG, DESIGNER, DEVELOPER, ESSENTIALS.
Akan tetapi, seringkali dari berbagai pilihan workspace tadi, tidak ada yang sesuai dengan yang kita inginkan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatur dan menyimpan workspace:

  1. Tampilkan panel-panel yang Anda perlukan, misalnya panel Action, Properties, Library, Color Mixer, Transform, Align,  dengan cara mengaktifkannya dari menu: Window.
  2. Sembunyikan panel-panel yang tidak diperlukan, misalnya panel Component, Component Inspector, Behaviors, Project, dan lain-lain, sehingga tampilan interface Flash menjadi optimal bagi Anda.
  3. Simpan Layout yang telah Anda susun tadi sebagai Workspace dengan menu: Window > Workspace > New Workspace.
  4. Pada kotak dialog New Workspace, beri nama workspace yang Anda buat, misalnya: myWorkspace. Klik tombol OK untuk menyimpan hasilnya.
  5. Jika di kemudian hari, layout panel telah berubah, Anda dapat memanggil kembali layout yang telah Anda simpan tadi dengan memanggil nama workspace melalui menu: Window > Workspace > [nama workspace].
  6. Pada Adobe Flash CS3 ke atas, tombol Workspace telah diintegrasikan pada bagian kanan Menu Bar. Klik tombol Workspace untuk memilih Workspace yang Anda inginkan.
    kursusprivat-adobe-flash-save-workspace

Tag: Mengatur Interface Flash, Workspace, New Workspace

[ dibaca: 485 kali ]